Selamat Datang

Selamat datang ....... di WILAYAH COOPERATION LINE ....... “Art Partner” : ....... Komunitas Apresiasi Studi Seni Budaya Sosial & Sastra – Cooperation Line of Art Partner ....... (KASSBSS – CLoAP).

Art Partner

Komunitas Apresiasi Studi Seni Budaya Sosial dan Sasrta
Cooperation line of Art Partner
KASSBSS - CLoAP

SALAM SENI

KASSBSS - Cloap adalah penghubung dari semua Seni, Sastra, Sosial, Budaya, IPTEK dll.
Bagi anda yang ingin berpartisipasi silakan kirimkan tulisan ataupun yang lainnya, biodata beserta photo ke email :

artpartner.kassbss.cloap@gmail.com

ART PARTNER

Sabtu, 11 April 2009

Ulasan Buku - 1

MENGEMBARA MENCARI TUHAN

Diterbitkan oleh Q-Press, tahun 2005
Warna sampul buku kuning coklat, tebal buku 652 halaman.

Diterjemahkan dari buku aslinya berbahasa Arab :
Qishshah al-Iman bain al-Falsafah wa al-‘Ilm wa al-Qur’an
Karya Syaikh Nadim al-Jisr

Sebuah Novel Religius Petualangan Intelektual dalam Menemukan Kebenaran
Ditulis berdasarkan cerita nyata perjalanan hidup seseorang dalam mencari Tuhan

Sejarah umat manusia sesungguhnya tidak pernah sunyi dan sepi dari orang-orang yang mengembara mencari Tuhan. Karena dorongan fitrah dalam dirinya, umat manusiapun melakukan pencarian demi pencarian Tuhan sejati. Bagi sebagian orang, agama memang memberikan jawaban. Akan tetapi, sejak ratusan atau bahkan ribuan tahun silam, dunia telah diramaikan para filosof yang terlibat seru dalam diskursus teologis (ihwal ketuhanan), ontologism (ihwal asal usul alam semesta) dan epistemologis (ihwal asal usul ilmu dan pengetahuan)

Buku berbentuk novel ini bertutur ihwal liku-liku perjalanan para filosof maupun ilmuan – di Timur (Al Ghazali, Ibnu Rusyd, Al Ma’arri, Ibn Miskawayh, Ibn Thufayl, Al Farabi, Ibn Sina, Ar Razi, Al Bayruni, Al Jahiz, Husayn Al-Jisr) maupun di Barat (Parmenides, Milissus, Heraclitus, Empedocles, Demokritus, Socrates, Aritoteles, Plato, Stoa, Epicuris,Immanuel Kant, Thomas Aquinas, Francis Bacon, Roger Bacon, Descartes, Pascal, Malebranche, Spinoza, Locke, Leibnitz, Hume, Henry Bergson, Charles Darwin, Lamarck, Cope, Agaciez, Ernest Haeckel, Herbert Spencer, Gladstone, Hudge, Dufield, Lee), di masa lalu maupun di zaman modern – dalam pengembaraan mereka mencari Tuhan. Sebagian besar dari mereka memang benar-benar menemukan “Tuhan”. Namun, sebagian lainnya tenggelam dalam “igauan” yang tak jelas ketika mencoba memaksakan diri untuk menjangkau esensi Tuhan. Mereka mengembara terlalu jauh dibelantara metafisika. Akibatnya tak sedikit dari mereka yang terjebak dalam perangkap skeptisisme dan bahkan ateisme vis-à-vis keimanan kepada Tuhan.

Pencarian Tuhan dengan melakukan peninjauan dari beragam ilmu pengetahuan, fisika, kimia, biologi, matematika, sosial, astrologi, astronomi, estitika dll

Tidak ada komentar: